Rabu, 29 Agustus 2012

makanan..... part. 1

hari ini lagi pengen bahas makanan Indonesia... heee
Begitu banyak ragam makanan / masakan khas Indonesia. mulai dari sayur, lauk pauk, sambel, dll. Hmmm... beruntung bgt tinggal d Indonesia. g melulu makan roti dan keju..hahahhaha
saya suka sekali masakan padang, karena Bapak saya berasal dari sana. jadi mamah selalu bikin makanan khas padang, apalagi kalo lagi lebaran ato ada acara khusu. cita rasa'y g kalah sm masakan orang padang asli ( mamah asalnya dari bogor ). malah banyak saudara, teman mamah, teman saya, dan tetangga sekita selalu minta dbuatin makanan khas padang. dan yg paling banyak dpesan itu adalah samabl ijo, gulai kepala kakap sama rendang.
untuk rendang ternyata g cuma da rendang daging j, tapi banyak banget jenisnya... Tapi memang yg palin terkenal itu rendang daging. Ini saya kasih beberapa variant rendang yang udah jarang dtemuin sekarang :
  1. Rendang daging (Randang dagiang): rendang daging sapi, kerbau, kambing atau domba. Adalah jenis rendang yang paling lazim ditemukan.
  2. Rendang ayam: Rendang yang terbuat dari daging ayam
  3. Rendang bebek (Randang itiak): Rendang yang terbuat dari daging bebek
  4. Rendang hati: Rendang yang terbuat dari hati sapi
  5. Rendang telur (Randang talua): Rendang yang terbuat dari telur ayam, khas Payakumbuh
  6. Rendang paru: Rendang yang terbuat dari paru-paru sapi, khas Payakumbuh
  7. Rendang ikan tongkol: Rendang yang terbuat dari ikan tongkol
  8. Rendang daun kayu 
sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Rendang

kalo dari tanah sunda c banyak y... da sayur asem, sambel terasi, lalapan, batagor, soto mie,dll..
wuah saya jadi lapar kalo ngebayangin makanan ....

ceritanya segini dl deh, nti saya lanjut lagi dengan makanan khas dari daerah lainnya... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar